Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah dasar umum yang wajib diikuti oleh mahasiswa Politeknik Negeri Padang (PNP). Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar umum yang ditujukan untuk mengembangkan aspek kepribadian mahasiswa sebagai individu dan warga masyarakat.

       Dalam penerapannya mata kuliah ini akan dibahas (1) Pengantar, Sejarah Bahasa dan bahasa Indonesia, (2) Hakikat, Fungsi, dan kedudukan bahasa Indonesia, (3) Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia I meliputi: sejarah Ejaan, Penuliasan Kata, Angka, lambang bilangan, singkatan, akronim, dan pemakaian tanda Baca. Kemudian,  Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia 2  meliputi: pemakaian kata baku dan tidak baku serta kata serapan (4) Bentuk dan Makna, (5) Diksi atau pilihan kata (6) kalimat efektif, (7) Paragraf Efektif, (8) UTS 9) Topik Tema dan Kerangka karangan, (10) Penulisan karangan, (11) Penulisan artikel populer dan artikel ilmiah (12) Penulisan Karya ilmiah, (13) Kerangka Karangan Ilmiah (14) Kutipan dan Catatan Kaki,  (15) Daftar Pustaka, (16) Proposal dan Tugas Akhir (laporan),  (17)  Ringkasan, Ikhtisar, Abstrak, dan resensi. (18) UAS.


Dalam mata kuliah ini, saya Lilimiwirdi, S.S., M.Hum. akan memandu Saudara selama satu semester untuk mata kuliah bahasa Indonesia. Selama perkuliahan ini Saudara wajib mematuhi  tata tertip perkuliahan. Selanjutnya, ada beberapa komitmen yang harus kita sepakati agar perkuliahan ini berjalan lancar sesuai yang diharapkan, di antaranya

Saudara wajib mengisi daftar hadir 30 menit di awal sesuai  dengan jadwal perkuliahan. Lewat dari 30 menit, daftar kehadiran tidak bisa diisi lagi,  kecuali dengan keterangan terlambat, izin, dan Alfa.

Saudara wajib melihat informasi dan mengikuti semua instruksi yang diberikan setiap pertemuan.

Dosen Pengampu 


Lilimiwirdi, S.S., M.Hum. 

HP/ WA   : 081374113232.

e-mail: miwirdi_izzah@yahoo.co.id.